Yang Gak Tau Jadi Tau, Yang Tau Makin Tau. Muzakarahan Blog menyajikan info-info menarik seputar Islam, Al-Qur'an, Berita dan lain-lain

Senin, 27 Juni 2016

Belajar Al-qur'an Itu Mudah, Tapi kenapa masih banyak yang kesulitan belajar Al-Qur'an?

Menghafal Qur'an pada dasarnya mudah, hal ini kita ketahui berdasarkan firman Allah  :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran" (QS. 54:17, 22, 32, 40)

Dalam ayat tersebut terdapat dua kalimat taukid(penguat) yaitu ل dan قد yg berfungsi untuk untuk meyakinkan pendengar bahwa kabar yang disampaikan benar-benar betul dan bisa dipercaya, disisi lain ayat ini diulang-ulang  sebanyak empat kali yang mana hal tersebut juga merupakan penguat atas kebenarannya.

Terlepas dari hal itu, kita sebagai seorang yang beriman tentu mengimani serta meyakini kebenaran dari semua firman Allah yang ada di Al-Qur'an, jadi seandainya di dalam ayat tersebuat tidak ada taukid pun kita sudah meyakini kebenaran bahwa Al-Qur'an itu mudah untuk dipelajari.

Diluar pembahasan ayat diatas kita bisa menengok ke luar sana, betapa banyak anak-anak yang masih kecil sudah lancar membaca Al-Qur'an bahkan ada yang hafal sebagian maupun seluruh dari isi Al-Qur'an tersebut. Mungkin masih banyak yg belum tahu bahwa LPTQ dan Kemenag memberikan standar umur yang ketat untuk Musabaqah Tilawatil Qur'an di segala tingkatan, misalnya saja untuk cabang tartil maksimal umur peserta adalah 11 tahun(- 1 hari), Tilawah Anak 14 Tahun(- 1 hari), Hifzil Qur'an 1 juz 15 Tahun(-1 hari).

Berkaca dari hal tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Ulama-Ulama kita di Indonesia menginginkan putra-putri bangsa kita mahir dalam hal Al-Qur'an pada usia anak-anak. Kendati demikian ternyata hingga saat ini masih banyak anak-anak yang berada pada kisaran usia tersebut bisa berprestasi gemilang di Musabaqah Tk. Nasional maupun Internasional.

Pada akhirnya kita bisa menyimpulkan bahwa Menguasai Al-Qur'an bukanlah hal yang sulit , Anak-anak saja bisa kenapa kita tidak ?

Dari sini muncul pertanyaan "kenapa masih banyak yang kesulitan belajar Al-Qur'an?"
Jawab : Kemudahan belajar Al-qur'an adalah hal yang pasti jika pada suatu keadaan hal tersebut tidak terwujud Berarti ada yang salah, tentu kesalahan tersebut terjadi pada orang yang kesulitan tersebut.

Bagaimana mengatasinya?
kembalikanlah pada diri, apakah sudah ikhlas belajar Al-Qur'an? karena sesuatu yang didasari keikhlasan akanmudah dijalani. Selain itu seorang yang belajar Al-qur'an harus optimis bahwa ia pasti bisa menguasai Al-Qur'an.

Mungkin inilah hal yang perlu kita miliki dalam belajar Al-Qur'an :
- Niat Yg benar
- Iklas
- Tekad
- Usaha
- ...(Mungkin reader bisa menambahkan,silahkan beri komentar hehehe..)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Al-qur'an Itu Mudah, Tapi kenapa masih banyak yang kesulitan belajar Al-Qur'an?

8 komentar:

  1. makasih infonya gan sangat bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah setiap habis shalat selama bulan ramadhan saya mesti ngaji mas :D

    BalasHapus
  3. nice info yang paling bermanfaat bagi kita semuah nih

    BalasHapus
  4. membaca al-qur'an lebih baik dari yang dasar dulu seperti iqraa baru deh ke al-qur'an masih suka belibet baca tulisan arabnya nih ane

    BalasHapus
  5. makasih, sangat membantu saya yang awam ini

    BalasHapus
  6. makasih, sangat membantu saya yang awam ini

    BalasHapus