Yang Gak Tau Jadi Tau, Yang Tau Makin Tau. Muzakarahan Blog menyajikan info-info menarik seputar Islam, Al-Qur'an, Berita dan lain-lain

Senin, 15 Agustus 2016

4 Ayat Al-Qur'an Ini Wajib Dibaca Dengan Bacaan Asing / Diluar kebiasaan

Membaca Al-Qur'an itu harus mengikuti kaidah yang telah diajarkan oleh Imam Qira'at yang biasanya tercakup dalam pelajaran Tajwid, Berbeda Qira'at berbeda pula kaidah membacanya. Di Indonesia pada umumnya menggunakan Qiraat imam 'Asim riwayat imam Hafzh(Hafzh 'an 'Asim) dan kaidah membaca Al-Qur'an yang diajarkan di Indonesia juga mengacu kepada bacaan imam 'Asim riwayat imam Hafzh.



Dalam bacaan Hafzh 'an 'Asim ada 4 bacaan asing atau biasa disebut "Qiraatul Gharibah" yang mana bacaan asing tersebut asing dari kaidah yang biasa dipakai dalam bacaan Hafzh 'an 'Asim tersebut, bukan asing dari qiraat imam lainnya. 4 bacaan tersebut ialah :

1. Bacaan imalah pada surah Hud ayat 41
 Imalah adalah mencondongkan bacaan fathah ke arah ya, seakan bacaan tersebut dibaca "e" dalam Qira'at Hafzh 'an 'Asim hanya da satu imalah yakni dalam surah hud ayat 41, yaitu kalimat مَجْر۪ىٰهَا Ra pada kalimat tersebut dibaca dengan fathah tapi dicondongkan ke ya, sehingga bacaannya menjadi "majreehaa" mari kita simak cara membacanya dalam video berikut :




 2. Bacaan Isymam pada surah Yusuf ayat 11
Isymam adalah  memoncongkan mulut tanpa suara setelah mematikan huruf, seolah-olah memberi isyarat adanya dhammah. Dalam Al-Qur’an ada satu tempat bacaan isymam, yaitu  kalimat لاَ تَأْمَ۫نَّا pada surah Yusuf ayat 11. jadi kita membacanya tetap "laa ta'mannaa" tetapi disaat kita mendengungkan nun syaddah kita memonyongkan mulut kita, mari kita simak cara membacanya dalam video berikut :



3. Tashil pada surah Fusshilat ayat 44
Tashil adalah mempermudah bacaan hamzah. Tashil terdapat di surah fusshilat ayat 44 pada kalimat ءَا۬عْجَمِىٌّ  , seharusnya kalimat ini dibaca "a a'jamiyyun" tetapi karena ada hukum tashil maka dibaca "aa'jamiyyun" mari kita simak cara membacanya dalam video berikut :




4. Naql dalam surah Hujurat ayat  11
Naql adalah memindahkan baris hamzah ke huruf yg sukun sebelumnya, dan hamzah itu tak dibaca.
Naql terdapat pada surah Hujurat ayat 11 yakni pada kalimat ٱلِٱسۡمُ Seharusnya kalimat ini dibaca "al-ismu" tetapi karena da hukum Naql maka dibaca "alismu" mari kita simak cara membacanya dalam video berikut (mulai detik ke 36) :






Mungkin sampai disini post kali ini, saya berharap pembaca bisa memberikan kritik dan saran untuk postingn ini.
Imalah adalah mencondongkan fathah kearah ya’Haf Ra
Imalah adalah mencondongkan fathah kearah ya’
Imalah adalah mencondongkan fathah kearah ya’
Imalah adalah mencondongkan fathah kearah ya’

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Ayat Al-Qur'an Ini Wajib Dibaca Dengan Bacaan Asing / Diluar kebiasaan

0 komentar:

Posting Komentar