Yang Gak Tau Jadi Tau, Yang Tau Makin Tau. Muzakarahan Blog menyajikan info-info menarik seputar Islam, Al-Qur'an, Berita dan lain-lain

Senin, 25 Juli 2016

Ternyata Qur'an itu Diturunkan Sekaligus lho!

Kebanyakan kita hanya mengetahui bahwa Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur, dan itu memang benar sebagaimana firman Allah :


وَقُرْآنًا فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنْزِيلًا
Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian. 
(Surat Al-Isra' Ayat 106)

Tapi Tahukah anda bahwa Al-Qur'an juga diturunkan sekaligus (sekali turun) dari dari lauhul mahfuzh ke langit dunia yang juga disebut Baitul 'Izzah pada bulan Ramadhan Malam lailatul qadar yang diberkahi, inilah yang dimaksud pada tiga ayat berikut : 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ
“bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an.”  
(Al-baqoroh 185)
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ 
“sesungguhnya kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.”  
(Al-Qodr 1)
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ
“sesungguhnya kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam yang diberkahi.”  
(Ad-dukhon 3)

dari ayat ini kita bisa menyimpulkan bahwa Qur'an diturunkan pada malam Lailatul qadar, tapi dari sini muncul pertanyaan "Bagaimana dengan Ayat Qur'an yang diturunkan pada waktu lain?" , "apakah qur'an diturunkan berangsur-ansur pada malam lailatul qadar saja?", dll

tentu pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan keterangan bahwa "Al-Qur'an diturunkan sekaligus pada malam lailatur qadar ke langit dunia, lalu diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah selama 23 Tahun." 

Diturunkannya Al-Qur'an Secara sekaligus ini juga dijelaskan oleh Ibnu Abbas yang dimuat oleh syekh manna' Khalil Al-Qatthan dalam kitabnya Mabahis fi 'ulumil Qur'an : 

" أنزل القرآن جملة واحدة الى السمآء الدنيا ليلة القدر و ثم أنزل بعد ذلك في عشرين سنة "

“Al-Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam lailatul Qadar. Kemudian setelah itu ia diturunkan (Berangsur-angsur) selama (Kurang lebih) dua puluh tahun.

saya berharap  para pembaca bisa menambahkan atau memberikan kritik dan saran kepada saya melalui komentar.

Wassalam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ternyata Qur'an itu Diturunkan Sekaligus lho!

1 komentar:

  1. kalau menurut saya tetap diturunkan secara berangsur-angsur kak, diturunkan sekaligus hanya sampai langit dunia.. CMIIW

    BalasHapus